Minggu, 20 Oktober 2019 |
Beranda




Dalam rangka meningkatkan kompetensi Statistisi, pada tanggal 24 Januari 2018 diselenggarakanlah forum Ilmiah statistisi (FIS). Forum ilmiah Statistisi merupakan sebuah forum yang diperuntukkan bagi karya terbaik dari Statistisi untuk dapat dipresentasikan dan dinilaikan sebagai Karya Tulis Ilmiah. Presentasi Karya Tulis dilakukan dihadapan atasan langsung pejabat fungsional, perwakilan dari pejabat fungsional Statistisi dan panelis.

Beberapa Karya Tulis Ilmiah yang dipaparkan pada kegiatan tersebut adalah:

  1. Efektivitas Penerapan Bebas Visa Kunjungan Terhadap Kedatangan Wisatawan Mancanegara oleh Heny Wulandari, S.S.T. dari Subdit. Statistik Pariwisata.
  2. Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia, Laju Pertumbuhan Ekonomi, Dan Tingkat Pengangguran Terbuka Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Indonesia oleh Perdy Irmawan Prayitno S.Si. dari BPS Kota Depok.
  3. Keterkaitan Pertumbuhan Ekonomi, Ketenagakerjaan dan Investasi di Indonesia Tahun 2011-2015 (Lapangan Usaha Pertanian, Pertambangan dan Penggalian serta Industri Pengolahan) oleh Pardomuan Robinson Sihombing, S.S.T. dari Subdit.Konsolidasi Neraca Produksi Nasional.
  4. Model Fungsi Transfer Dalam Peramalan Ekspor CPO Indonesia oleh Sapto Rakhmawan, M.Si. dari Subdit. Statistik Ekspor
  5. Tanah Longsor dan Banjir Bencana yang Mematikan di Indonesia Tahun 2008-2017 oleh Suprapto, S.Si. dari BNPB.
  6. Analisis Faktor-Faktor Produksi Usaha Budidaya Udang Vaname Pada Perusahaan Budidaya Ikan Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2015 oleh Erni Mulyani, S.S.T. Dari Subdit Statistik Perikanan.

Dengan disenggarakannya FIS ini, diharapkan dapat menambah motivasi dalam melakukan penelitian di bidang Statistik. 



KEMBALI