Minggu, 20 Oktober 2019 |
Beranda




Bertempat di ruang rapat gedung 4 lantai 2 Badan Pusat Statistik, Pada tanggal 8 Januari 2016 dilaksanakan presentasi karya tulis ilmiah (KTI) Statistisi. Presentasi KTI dibawakan oleh Sdri. Suparwati, SE, Statistisi Madya BPS Pusat dengan judul “Peramalan Produksi Komoditas Kelapa Sawit dengan Metode ARIMA”. Hadir dalam presentasi tersebut, Direktur Statistik Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (STPHP), S. Happy Hardjo, M.Ec yang sekaligus memandu jalannya presentasi. Disamping itu, acara ini dihadiri pula oleh Kepala Bagian Jabatan Fungsional, Kasubbag Penilaian dan Pengembangan Jabatan Fungsional serta pejabat eselon 3, eselon 4, dan pejabat Statistisi di lingkungan Direktorat STPHP.

Kesimpulan yang diperoleh dalam KTI ini adalah bahwa pergerakan produksi minyak sawit bulanan dari tahun 2008 sampai dengan 2013 menunjukkan trend yang meningkat dan adanya pola musiman. Di samping itu, model ARIMA((0,1,1)(0,1,1)12 cukup layak dan memadai untuk memperkirakan produksi minyak kelapa sawit di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan hasil semua parameternya signifikan dan modelnya fit.

Anggota tim penilai BPS yang bertindak selaku penguji presentasi tersebut terdiri dari 4 orang, yaitu DR. Kadarmanto, Ir. Sigit Purnomo, M.Si, Anton Manurung, M.M., dan Ir. Aryago Mulia, M.Si.

Setelah membaca makalah, menyimak presentasi dan penyampaian jawaban presenter atas pertanyaan dari audience, tim penguji memberikan penilaian yang cukup bervariasi. Hasil penilaian final yang diperoleh adalah 86, yang artinya penulis mendapatkan angka kredit sebesar 90% dari nilai maksimal 4,000 yaitu sebesar 3,600.



KEMBALI